Pages

Rabu, 21 Maret 2012

FLORA DAN FAUNA 10

Para pemerhati lingkungan Australia mendesak pemerintah negara itu untuk memasukkan koala ke dalam daftar spesies nasional yang terancam punah. Mereka khawatir binatang itu akan terancam punah akibat penyakit, perubahan iklim, dan hilangnya habitat.

Pasalnya, populasi koala terancam menurun karena berbagai penyakit, seperti kebutaan, radang paru-paru, maupun kemandulan. Sementara pada saat bersamaan pembangunan jalan dan rumah semakin mempersempit habitatnya.

Dr Alistair Melzer dari Pusat Penelitian Koala di Queensland mengaku tidak menentang pembangunan. Namun menurutnya pembangunan harus tetap mempertimbangkan kelangsungan satwa liar.

"Kita bisa melihat sejumlah investasi, misalnya, dengan pembangunan jalan bawah tanah atau dengan langkah-langkah yang memungkinkan koala bisa melalui hambatan tanpa harus terlumat," tuturnya.

Jika koala dinyatakan resmi sebagai satwa yang terancam, pemerintah federal Australia akan memiliki wewenang untuk mengambil keputusan maupun langkah-langkah nyata untuk melindunginya.

Dr Mathew Crowther dari Departmen Biologi, Universitas Sydney, berpendapat sudah saatnya untuk memberi perlindungan yang lebih besar terhadap koala.

"Orang suka koala, Mereka mungkin salah satu dari satwa yang paling dikenal yang kita miliki. Anda tahu proporsi mereka seperti bayi dengan mata menatap ke depan, wajah bundar, dan tampak seperti beruang teddy. Jadi orang suka melihatnya dan apapun yang berhubungan dengan koala menimbulkan emosi."

Menteri Lingkungan Australia, Tony Burke, sudah meminta panel ahli untuk mengumpulkan informasi tentang wilayah-wilayah tempat populasi koala terancam. Diperkirakan dalam waktu beberapa bulan mendatang dia akan mengambil keputusan tentang status hewan yang identik dengan benua Australia itu.

Koala merupakan salah satu hewan terkenal dan ciri khas Australia. Makhluk yang hidup di pohon itu pernah menjadi buruan utama pada awal abad 20 untuk perdagangan bulunya.

Jumlah koala di Australia tidak bisa dipastikan dan perkiraan kasar para pegiat lingkungan mencapai sekitar 100 ribu koala di alam liar.(MI/DNI)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 MY SHADOW. Design by WPThemes Expert
Blogger Templates by Buy My Themes.