Para ilmuwan telah menemukan komputer tercepat di dunia yang dapat menampilkan 1triliun program per detik
Komputer yang biasa disebut RoadRunner, mempunyai kecepatan 2 kali lipat dari pada komputer tercepat di dunia sebelumnya IBM’s Blue Gene system yang dinilai sebagai supercomputer tercepat yang memiliki kecepatan 3 kali lipat daripada supercomputer lainnya yang ada di dunia. RoadRunner ditemukan oleh insinyur dari Los Alamos National Laboratory di Mexico, US, dan IBM Corp, yang berasal dari 13.000 chip komputer.
RoadRunner adalah komputer petaflop pertama di dunia, yang berarti dapat menampilkan 1 triliun operasi tiap detiknya. Penampilan tiap harinya bisa dibandingkan dengan penghitungan yang dilakukan oleh 6 milyar orang menggunakan komputer biasa dengan waktu 24 jam sehari selama 46 tahun.
Akan membutuhkan waktu lebih dari 6 tahun untuk menghasilkan sebuah teknologi komputer seperti ini. Merangkai dari chip komputer yang digunakan pada video game terkenal PlayStation 3 dan 12.960 cell engine, yang akan meningkatkan kapasitas memori hingga 80 terabytes. Sistem interkoneksinya membutuhkan luas 6.000 kaki, yang mempunyai 57 mil kabel optic dan berat 500.000 pounds.
Superkomputer akan digunakan untuk riset senjata nuklir, tetapi juga akan diaplikasikan dalam berbagai bidang seperti pengobatan dan science serta teknik dan banyak bidang lainnya. Komputer tersebut mempunyai potensi besar untuk membantu menghasilkan biofuels, terapi pengobatan terbaru bahkan vaksin dari HIV virus, menyelesaikan krisis energy dunia dan menemukan petunjuk tentang awal mula dunia.
RoadRunner sekarang ditempatkan  di IBM research laboratory di Poughkeepsie, N.Y. tetapi akan dipindahkan ke Los Alamos National Laboratory, yang nantinya akan diujicoba  terhadap program yang belum terklasifikasi dan nantinya akan digunakan untuk bekerja pada senjata nuklir dan aktivitas pemerintahan lainnya.
Powered by http://www.infoniac.com/