Perusahaan Inggris Xeros mencoba untuk menjelajahi pasar Amerika dengan penemuan baru mereka yaitu system pencucian yang dapat menghemat banyak air dengan mengunakan manik-manik nilon. Putaran manik-manik membersihkan pakaian hanya menggunakan air sebesar 10% dari air yang biasanya digunakan oleh mesin cuci tradisional
Sebenarnya, penemuan terbaru perusahaan ini masih dalam tahap pengembangan dalam hal pengurangan kebutuhan deterjen. Xeros mengklaim bahwa tidak perlu ada lagi system pengeringan berputar jika setiap rumah di Amerika menggunakan system baru tersebut, emisi dari karbondioksida akan berkurang. Perusahaan juga berkata bahwa mesin cuci baru ini akan menghemat 1,2 milyar ton air tiap tahunnya, yang setara dengan 17 juta kolam renang.
Mesin cuci ini bekerja dengan menggunakan manic-mank nilon yang menghilangkan kotoran dari pakaian dan menguncinya pada struktur molekul nilon. Manik-manik tersebut dapat digunakan untuk ratusan kali pencuciandan setelah itu dapat didaur ulang dengan mudah.Teknologi dibalik siste pencucian ini adalah hasil riset dari University of Leeds. Sistem ini telah digunakan sebagai konsep mesin cuci oleh Cambridge Consultant.
Setelah melakukan test selama 3 tahun, Xeros sebuah keluaran dari Universitas, akan diajukan untuk mendapat persetujuan dari Kansas City-based GreenEarth Cleaning, yang bertujuan untuk pemasarannya melalui Amerika utara pada tahun 2010. Anda dapat membaca info lebih lanjutnya dengan melihat company’s website .
Powered by www.infoniac.com